BEST PRACTICE LK 3.1
Nama : ST. NURJAITUN R.
S.Pd
Kelas : D
NIM : E1Q222032
LPTK : UNRAM
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMA NEGERI
4 KOTA BIMA |
Lingkup Pendidikan |
SEKOLAH
MENENGAH ATAS |
Tujuan yang ingin dicapai |
Menggunakan
Model Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) untuk meningkatkan keaktifan
peserta didik dalam pembelajaran pada materi Energi terbarukan. |
Penulis |
ST.
NURJAITUN RAMADOAN |
Tanggal |
4-12
JANUARI 2022 |
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar
belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang
menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah ? Berdasarkan
analisis masalah pada LK 1. 1 dan 1.2
maka yang melatar belakangi saya melaksanakan pratik pembelajaran ini
adalah karena disekolah kami peserta didik sering terlihat pasif dalam
pembelajaran fisika hal itu disebabkan karena guru masih sering menerapkan
pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan guru masih kurang menerapkan
pembelajaran-pembelajaran yang inovatif. Mengapa
praktik ini penting untuk dibagikan? Praktik
ini penting untuk dibagikan untuk menunjukkan praktik baik yang sudah dilakukan
pada peserta didik, selain itu untuk untuk berbagi pengalaman pada orang
lain, serta memotivasi guru untuk lain untuk terus berbuat yang terbaik
kepada para peserta didik dan demi kemajuan pendidikan kita. Apa
yang menjadi peran atau tanggung jawab anda dalam praktik? Sebagai
guru saya membuat Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media
seperti PPT, LKPD, Rencana Evaluasi, dan melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan perangkat yang telah dibuat. |
Tantangan
: Apa saja yang menjadi
tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, |
Apa
saja tantangan untuk mencapai tujuan? Yang
menjadi tantangan dalam mencapai tujuan adalah siswa yang belum
terbiasa dengan model yang pembelajaran yang diterapkan, pengadaan alat dan
bahan projek, dan pengalaman guru yang masih terbatas.
Siapa saja yang terlibat? Yang
terlibat dalam praktik ini adalah Guru sebagai
guru saya sebagai pelaksana praktik baik ini dengan menyiakan berbagai macam
perangkat seperti RPP, LKPD, media, bahan ajar, rencana serta evaluasi.
Selain itu guru juga sebagai fasilitator dalam pembelajaran dan mengobservasi
keaftifan perserta didik Dosen
pembimbing dan guru pamong Memberikan
bimbingan dan masukan dalam pelaksanaan praktik Rekan
Sejawat Rekan
sejawat berperan penting dalam praktik ini, dimana mereka banyak memberikan
masukan dalam praktik baik ini. Selain itu mereka juga menjadi observer saat pelaksanaan
praktik dan juga membantu refleksi akhir praktik baik ini. Kepala
Sekolah Kepala
Sekolah dalam praktik baik ini telah
banyak banyak memberikan dukungan kepada guru. Kepala Sekolah juga telah
menyetujui pelaksaaan praktik baik ini dan juga menjadi penanggung jawabnya. Peserta
Didik Peserta
didik X1 merupakan subyek dalam pembelajaran ini dimana nanti peserta didik
akan dievaluasi apakah terjadi peningkatan keaftifan peserta didik dalam
pembelajaran fisika menggunakan model PjBL. |
Aksi
: Langkah-langkah apa yang
dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/
bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau
materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang
digunakan? - Menggunakan model pembelajaran berbasis projek,
dimana model PjBL ini berpusat pada peserta didik sehingga diharapkan peserta
didik menjadi lebih aktif - Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah,
wawancara teman sejawat serta mengkaji banyak literatur untuk menambah
wawasan akan model yang diterapkan, mengadakan sarana penunjang, serta
memberikan bimbingan pada peserta didik dalam pembelajaran. Bagaimana
prosesnya ? Menerapkan model pembelajaran inovatif contohnya
berbasis projek, memberikan motivasi kepada peserta didik untuk lebih
percaya diri dalam menuangkan ide dan imajinasi dalam membuat projek serta
menampilkan beberapa video referensi tentang projek yang akan dibuat baik itu menggunakan google
dan youtube. Selain itu Guru
menampilkan video didepan peserta didik dengan menggunakan LCD projector Sapa
saja yang terlibat? guru :
menyiapkan perangkat pembelajaran
serta media pendukung lainnya teman
sejawat: melakukan observasi pada kegiatan parktik yang dilaksanakan. peserta
didik: menjadi subjek dalam praktik pembelajaran serta mambantu pengambilan video praktik
pembelajaran ini Apa saja sumber daya atau
materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini? 1.
Perangkat
pembelajaran yang berpusat pada
peserta didik 2.
LCD
proyektor 3.
Internet 4.
Media
berbasis IT 5.
Bahan
ajar dll |
Refleksi
Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi
dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak
efektif? Mengapa? Bagaimana respon
orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor
keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Setelah melakukan
pembelajaran praktik tersebut, guru bisa melihat dampak dan hasil dari karya projek peserta didik? Hasil kegiatan praktik baik yang telah saya lakukan berdampak
positif dan efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran fisika. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket penilaian
aktivitas peserta didik. Selain itu rencana dan pelaksanaan kegiatan yang telah disusun dan
berpusat pada siswa lebih meningkatkan keaktifan siswa saat proses
pembelajaran. Siswa lebih percaya diri dalam mengemukakan ide dan gagasan
dalam karyanya yakni kincir air dan baterai lemon dan peserta didik juga
aktif untuk saling menanggapi dari hasil prestasi projek kelompok lain. Selain itu pemilihan
media pembelajaran dan bahan ajar yang menarik dan dipadukan dengan
pembelajaran berbasis TPACK berupa PPT yang disertai video sebagai
media pembelajaran dapat merangsang siswa untuk aktif saat pembelajaran. Dan
terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Dengan penggunakan Model
Pembelajaran PjBL (Project Base Learning) dimana peserta didik akan berlatih merencanakan, melaksanakan kegiatan sesuai
rencana dan menampilkan atau melaporkan hasil kegiatan praktik pembuatan projek energi
alternative yaitu kincir air dan baterai lemon serta jeruk nipis sehingga hasil dari
pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. |
Video pembuatan projek
MOGA BERMANFAAT
BalasHapusMOGA BERMANFAAT
BalasHapus