BEST PRACTICE LK 3.1

 

Nama          : ST. NURJAITUN R. S.Pd

Kelas          : D

NIM             : E1Q222032

LPTK          : UNRAM

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMA NEGERI 4 KOTA BIMA

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH ATAS

Tujuan yang ingin dicapai

Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pada materi Energi terbarukan.

 

Penulis

ST. NURJAITUN RAMADOAN

Tanggal

4-12 JANUARI 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ?

Berdasarkan analisis masalah pada LK 1. 1 dan 1.2  maka yang melatar belakangi saya melaksanakan pratik pembelajaran ini adalah karena disekolah kami peserta didik sering terlihat pasif dalam pembelajaran fisika hal itu disebabkan karena guru masih sering menerapkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan guru masih kurang menerapkan pembelajaran-pembelajaran yang inovatif.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Praktik ini penting untuk dibagikan untuk menunjukkan praktik baik yang sudah dilakukan pada peserta didik, selain itu untuk untuk berbagi pengalaman pada orang lain, serta memotivasi guru untuk lain untuk terus berbuat yang terbaik kepada para peserta didik dan demi kemajuan pendidikan kita.

Apa yang menjadi peran atau tanggung jawab anda dalam praktik?

Sebagai guru saya membuat Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media seperti PPT, LKPD, Rencana Evaluasi, dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat.

 

 

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Apa saja tantangan untuk  mencapai tujuan?

Yang menjadi tantangan dalam mencapai tujuan adalah siswa yang belum terbiasa dengan model yang pembelajaran yang diterapkan, pengadaan alat dan bahan projek, dan pengalaman guru yang masih terbatas.

Siapa saja yang terlibat?

Yang terlibat dalam praktik ini adalah

 

Guru

sebagai guru saya sebagai pelaksana praktik baik ini dengan menyiakan berbagai macam perangkat seperti RPP, LKPD, media, bahan ajar, rencana serta evaluasi. Selain itu guru juga sebagai fasilitator dalam pembelajaran dan mengobservasi keaftifan perserta didik

 

Dosen pembimbing dan guru pamong

Memberikan bimbingan dan masukan dalam pelaksanaan praktik

 

Rekan Sejawat

Rekan sejawat berperan penting dalam praktik ini, dimana mereka banyak memberikan masukan dalam praktik baik ini. Selain itu mereka juga menjadi observer saat pelaksanaan praktik dan juga membantu refleksi akhir  praktik baik ini.

 

Kepala Sekolah  

Kepala Sekolah dalam praktik baik ini  telah banyak banyak memberikan dukungan kepada guru. Kepala Sekolah juga telah menyetujui pelaksaaan praktik baik ini dan juga menjadi penanggung jawabnya.

 

Peserta Didik

Peserta didik X1 merupakan subyek dalam pembelajaran ini dimana nanti peserta didik akan dievaluasi apakah terjadi peningkatan keaftifan peserta didik dalam pembelajaran fisika menggunakan model PjBL.

 

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan?

-      Menggunakan model pembelajaran berbasis projek, dimana model PjBL ini berpusat pada peserta didik sehingga diharapkan peserta didik menjadi lebih aktif

-      Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, wawancara teman sejawat serta mengkaji banyak literatur untuk menambah wawasan akan model yang diterapkan, mengadakan sarana penunjang, serta memberikan bimbingan pada peserta didik dalam pembelajaran.  

 

Bagaimana prosesnya ?

Menerapkan model pembelajaran inovatif contohnya berbasis projek, memberikan motivasi kepada peserta didik untuk lebih percaya diri dalam menuangkan ide dan imajinasi dalam membuat projek serta menampilkan beberapa video referensi tentang projek yang akan dibuat baik itu menggunakan google dan youtube. Selain itu Guru menampilkan video didepan peserta didik dengan menggunakan LCD projector

Sapa saja yang terlibat?

guru :  menyiapkan perangkat pembelajaran serta media pendukung lainnya

teman sejawat: melakukan observasi pada kegiatan parktik yang dilaksanakan.

peserta didik: menjadi subjek dalam praktik pembelajaran  serta mambantu pengambilan video praktik pembelajaran ini

 

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

1.   Perangkat pembelajaran yang berpusat  pada peserta didik

2.   LCD proyektor

3.   Internet

4.   Media berbasis IT

5.   Bahan ajar dll

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Setelah melakukan pembelajaran praktik tersebut, guru bisa melihat dampak dan hasil dari karya projek peserta didik?

Hasil kegiatan praktik baik yang telah saya lakukan berdampak positif dan efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran fisika. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket penilaian aktivitas peserta didik. Selain itu rencana dan pelaksanaan kegiatan yang telah disusun dan berpusat pada siswa lebih meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran. Siswa lebih percaya diri dalam mengemukakan ide dan gagasan dalam karyanya yakni kincir air dan baterai lemon dan peserta didik juga aktif untuk saling menanggapi dari hasil prestasi projek kelompok lain. Selain itu pemilihan media pembelajaran dan bahan ajar yang menarik dan dipadukan dengan pembelajaran berbasis TPACK berupa PPT yang disertai video sebagai media pembelajaran dapat merangsang siswa untuk aktif saat pembelajaran. Dan terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Dengan penggunakan Model Pembelajaran PjBL (Project Base Learning) dimana peserta didik akan berlatih merencanakan, melaksanakan kegiatan sesuai rencana dan menampilkan atau melaporkan hasil kegiatan praktik pembuatan projek energi alternative yaitu kincir air dan baterai lemon serta jeruk nipis sehingga hasil dari pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.

 

 

 

Video pembuatan projek

 

https://youtu.be/YdOslPBw2Bk

 

https://youtu.be/2uptBZlkt5c

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR FISIKA PENGUKURAN PERTEMUAN 1