MODUL AJAR FISIKA PENGUKURAN PERTEMUAN 1

 

MODUL AJAR FISIKA

PERTEMUAN II

MATERI : PENGUKURAN DALAM KERJA ILMIAH

 

KOMPONEN

DESKRIPSI/KETERANGAN

A

Informasi Umum

Nama Penyusun

ST. NURJAITUN RAMADOAN, S.Pd.

Nama Sekolah

SMAN 4 KOTA BIMA

Tahun Penyusunan

2023/2024

Kelas

X

Alokasi Waktu

3 X 45 Menit

Fase Capaian Pembelajaran (CP)

E

 

Kompetensi Awal

Peserta didik telah mengetahui tentang materi besaran dan satuan

 

Profil Pelajar Pancasila

Karakter yang ingin dikembangkan:

-          Gotong royong

-          Bernalar kritis

-          Dan Mandiri

Sarana dan Prasarana

LCD, LKPD, Laptop, Alat ukur, papan tulis , spidol dan Buku yang relevan

Target Peserta Didik

Peserta didik Reguler

Model Pembelajaran Yang digunakan

Problem Based Learning (PBL)

B

Komponen Inti

Tujuan Pembelajaran

2.   Siswa mampu membedakan besaran, satuan dan dimensi dalam pengukuran

 

Asesmen (Instrumen Terlampir)

1.      Asesmen di Awal Pembelajaran : pre test dengan kahoot.it

2.      Asesmen Formatif: Penilaian diri, penilaian antarteman, pemberian umpan balik antar teman dan refleksi

3.      Asesmen Sumatif: Tes Tertulis, Penilaian Produk dan Portofolio

Pemahaman Bermakna

Dengan memperlajari materi macam-macam alat ukur peserta didik mampu menggunakan alat ukur dalam Kehidupan sehari-hari

Pertanyaan Pemantik

-          Apakah kamu tahu apa saja yang bisa kita ukur? Jika ia maka sebutkan?...

-          Ketika kita mengukur maka kita butuh acuan sebagai penentu besar kecilnya suatu besaran, tahukah kamu istilah tersebut?

-          Bagaimana cara kita membuktikan 2 besaran yang beebeda namun ternyata sama dalam satuan?

 

 

 

 

 

 

 

 


I.                    MATERI POKOK

PENGUKURAN

Pertemuan

Materi Pokok

Rincian Materi Pokok

I

v Besaran, satuan dan dimensi

Pengertian besaran dan satuan

Berbagai gambar/Foto/video berbagai contoh besaran pokok dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah :

1.      Siswa meelihat gambar yang berkaitan dengan besaran, satuan dan dimensi

2.      Siswa memperhatikan demonstrasi yang diperagakan guru didepan kelas berkaitan dengan besaran, satuan dan dimensi

3.      Penjelasan tentang besaran, satuan dan dimensi

4.      Penyelesaian masalah tentang besaran, satuan dan dimensi

II

v Alat Ukur

1.    Jangka Sorong

Langkah-langkah :

1.      Siswa memperhatikan demonstrasi yang diberikan oleh guru mata pelajaran

2.      Mengukur benda dengan menggunakan jangka sorong

3.      Menyelesaikan masalah pengukuran dengan menggunakan jangka sorong

2.    Mikrometer Sekrup

Langkah-langkah :

1.      Siswa memperhatikan demonstrasi yang diberikan oleh guru mata pelajaran

2.      Menggambar dan menganalisis gaya tegangan tali

3.      Menyelesaikan masalah pengukuran dengan menggunakan micrometer sekrup

III

v Angka Penting

Langkah-langkah :

1.      Siswa memperhatikan penjelasan guru mata pelajaran tentang angka penting

2.      Siswa membaca buku tentang cara menentukan angka penting

3.      Menyelesaikan maslah pengukuran dengan mnggunakan hubungan angka penting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II.       STRATEGI PEMBELAJARAN

a.       Pendekatan        :    Pendekatan Saintifik

      Model                  :    Discovery Learning, Problem Based Learning

     

           

b.       Media dan Alat Bantu

1.      Whiteboard

2.      Marker

3.      Jangka Sorong

4.      Mikrometer Sekrup

5.      Laptop, Proyektor, dan Media Presentasi

6.      Lembar Kerja

 

 

 

c.        Sumber Belajar

1.      Buku FISIKA (Peminatan IPA) MEDIATAMA

2.      Sumber buku lain, Internet, dll.

 

 

III.    SKENARIO PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE – 2

Langkah

Pembelajaran

Kegiatan Belajar

(Aktivitas Guru)

Kompetensi yang dikembangkan

Alokasi waktu

Pendahuluan

 

 

10  Menit

Ø  Komunikasi

 

 

 

Ø  Motivasi

 

 

 

 

 

Ø  Apersepsi

 

Ø  Guru mengucapkan salam

Ø  Guru meminta salah satu siswa membuka dengan doa

Ø  Guru mengecek kehadiran siswa

Ø  Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami materi tentang pengukuran dan memberikan gambaran tentang aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ø  Siswa diingatkan tentang hakekat fisika yang pernah dipelajari sebelumnya

Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Ø  Menjawab  salam

Ø  Berdoa bersama

 

Ø  Merespon kehadiran

Ø  Munculnya rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari

 

 

 

Ø  Sikap peduli dan perhatian pada guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh

 

Kegiatan inti

 

 

105 Menit

Ø  Mengamati

 

 

 

 

 

 

 

Ø  Menanya

 

 

 

 

 

Ø  Mengeksplorasi/Mengumpulkan informasi/

eksperimen

 

 

 

 

Ø  Mengasosiasi/ mengolah informasi

 

 

 

 

Ø  Mengomunika-sikan

 

Ø  Guru mengajukan/menunjukkan masalah kepada siswa yang terkait dengan pengukuran tentang besaran, satuan dan dimensi

 

 

Ø  Guru membentuk kelompok siswa untuk mendiskusikan masalah di atas.

Ø  Guru meminta siswa untuk menanyakan tentang besaran, satuan dan dimensi

 

 

 

 

Ø  Guru membagikan lembar kerja kepada siswa untuk menyelesaikan masalah besaran pokok, besran turunan beserta satuan dan dimensi

 

 

 

 

Ø  Guru mengarahkan dan menuntun siswa dalam menganalisis dan membuat kategori dari besaran pokok, besaran turunan, sauna dan dimensi

 

 

Ø  Guru meminta siswa untuk menyampaikan   tentangbesaran, satuan dan dimensi.  

 

Ø Memperhatikan gambar yang di berikan guru

Ø Membaca mengenai pengertian besaran, satuan dan dimensi

 

 

Ø Membuat pertanyaan mengenai besaran, satuan dan dimensi

 

 

 

Ø Menentukan besaran pokok, besaran turunan, satuan dan dimensi

 

 

 

 

 

Ø Menganalisis tentang besaran, satuan dan dimensi

Ø Menyelesaikan masalah tentang besaran, satuan dan dimensi

 

Ø  Menyampaikan tentang hukum-hukum Newton

 

Penutup

 

 

20 Menit

Di akhir pembelajaran diharapkan  :

Ø  Guru meminta siswa menyimpulkan tentang besaran, satuan dan dimensi

Ø  Guru memberikan tes kepada siswa

Ø  Guru memberikan tugas rumah (PR)

Ø  Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan selanjutnya

Ø  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan meningkatkan sikap yang baik di rumah dan berdoa mengucap syukur atas pembelajaran fisika telah selesai

Ø  Mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan

Ø  Menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik, dan berdoa setelah selesai pembelajaran

 

Total Waktu

135 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IV.          PENILAIAN HASIL BELAJAR

No

 

Aspek yang dinilai

 

Teknik Penilaian

Instrumen Penilaian

1.

Aspek sikap

 

a.       Observasi

b.       Jurnal

 

F Rubrik Penilaian Sikap

F Catatan Informasi Siswa

 

2.

Aspek pengetahuan

 

a.     Tes Tertulis

b.    Tes Lisan

c.     Penugasan

 

F Soal Pilihan Ganda dan Uraian

F Daftar Pertanyaan

F Pekerjaan Rumah

 

3.

 

Aspek keterampilan

 

a.      Praktek/Unjuk Kerja

b.    Proyek

c.     Portofolio

F Rubrik Penilaian Ketrampilan

F Daftar Cek /Skala Penilaian

 

 

Catatan : Instrumen dan Pedoman Penskoran terlampir

                                      

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                    Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

IMRAN, S.Pd                                                       ST. NURJAITUN RAMADOAN, S.Pd

NIP. 19680202 199512 1 005                                      NIP. 19892304 202321 2 033


 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEST PRACTICE LK 3.1