MODUL AJAR FISIKA PENGUKURAN PERTEMUAN 1
MODUL
AJAR FISIKA
PERTEMUAN II
MATERI
: PENGUKURAN DALAM KERJA ILMIAH
KOMPONEN |
DESKRIPSI/KETERANGAN |
||
A |
Informasi
Umum |
||
Nama Penyusun |
ST. NURJAITUN RAMADOAN, S.Pd. |
||
Nama Sekolah |
SMAN 4 KOTA BIMA |
||
Tahun Penyusunan |
2023/2024 |
||
Kelas |
X |
||
Alokasi Waktu |
3 X 45 Menit |
||
Fase Capaian Pembelajaran (CP) |
E
|
||
Kompetensi Awal |
Peserta didik telah mengetahui tentang materi
besaran dan satuan
|
||
Profil Pelajar Pancasila |
Karakter yang ingin dikembangkan: -
Gotong royong -
Bernalar
kritis -
Dan
Mandiri |
||
Sarana dan Prasarana |
LCD, LKPD, Laptop, Alat ukur, papan tulis ,
spidol dan Buku yang relevan |
||
Target Peserta Didik |
Peserta didik Reguler |
||
Model Pembelajaran Yang digunakan |
Problem Based Learning (PBL) |
||
B |
Komponen
Inti |
||
Tujuan Pembelajaran |
2.
Siswa mampu
membedakan besaran, satuan dan dimensi dalam pengukuran
|
||
Asesmen (Instrumen Terlampir) |
1.
Asesmen
di Awal Pembelajaran : pre test dengan kahoot.it 2.
Asesmen
Formatif: Penilaian diri, penilaian antarteman, pemberian umpan balik antar
teman dan refleksi 3.
Asesmen
Sumatif: Tes Tertulis, Penilaian Produk dan Portofolio |
||
Pemahaman Bermakna |
Dengan memperlajari materi macam-macam alat
ukur peserta didik mampu menggunakan alat ukur dalam Kehidupan sehari-hari |
||
Pertanyaan Pemantik |
-
Apakah kamu tahu apa saja yang bisa kita ukur? Jika ia maka
sebutkan?... -
Ketika kita mengukur maka kita butuh acuan sebagai penentu
besar kecilnya suatu besaran, tahukah kamu istilah tersebut? -
Bagaimana cara kita membuktikan 2 besaran yang beebeda
namun ternyata sama dalam satuan? |
||
I.
MATERI POKOK
PENGUKURAN
Pertemuan |
Materi Pokok |
Rincian Materi Pokok |
I |
v Besaran, satuan dan dimensi |
Pengertian besaran dan satuan Berbagai gambar/Foto/video berbagai contoh besaran pokok dalam
kehidupan sehari-hari Langkah-langkah : 1.
Siswa
meelihat gambar yang berkaitan dengan besaran, satuan dan dimensi 2.
Siswa
memperhatikan demonstrasi yang diperagakan guru didepan kelas berkaitan
dengan besaran, satuan dan dimensi 3.
Penjelasan
tentang besaran, satuan dan dimensi 4.
Penyelesaian
masalah tentang besaran, satuan dan dimensi |
II |
v Alat Ukur |
1.
Jangka
Sorong Langkah-langkah
: 1. Siswa
memperhatikan demonstrasi yang diberikan oleh guru mata pelajaran 2. Mengukur
benda dengan menggunakan jangka sorong 3. Menyelesaikan
masalah pengukuran dengan menggunakan jangka sorong 2.
Mikrometer
Sekrup Langkah-langkah
: 1.
Siswa memperhatikan demonstrasi yang diberikan oleh
guru mata pelajaran 2.
Menggambar dan menganalisis gaya tegangan tali 3.
Menyelesaikan masalah pengukuran dengan menggunakan
micrometer sekrup |
III |
v Angka Penting |
Langkah-langkah : 1. Siswa memperhatikan penjelasan guru mata pelajaran
tentang angka penting 2. Siswa membaca buku tentang cara menentukan angka
penting 3. Menyelesaikan maslah pengukuran dengan mnggunakan
hubungan angka penting |
II.
STRATEGI PEMBELAJARAN
a.
Pendekatan :
Pendekatan Saintifik
Model : Discovery Learning, Problem Based Learning
b.
1. Whiteboard
2. Marker
3. Jangka
Sorong
4. Mikrometer
Sekrup
5. Laptop, Proyektor, dan Media
Presentasi
6. Lembar Kerja
c.
Sumber
Belajar
1. Buku FISIKA
(Peminatan IPA) MEDIATAMA
2. Sumber buku lain, Internet,
dll.
III.
SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE – 2
Langkah Pembelajaran |
Kegiatan
Belajar (Aktivitas
Guru) |
Kompetensi yang dikembangkan |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
|
|
10 Menit |
Ø
Komunikasi
Ø Motivasi
Ø Apersepsi
|
Ø Guru
mengucapkan salam Ø Guru meminta salah satu siswa membuka dengan doa Ø Guru
mengecek kehadiran siswa Ø Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami materi tentang pengukuran dan memberikan
gambaran tentang aplikasinya dalam
kehidupan sehari-hari.
Ø Siswa diingatkan tentang hakekat fisika yang pernah
dipelajari sebelumnya Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. |
Ø Menjawab salam Ø Berdoa bersama
Ø Merespon kehadiran Ø Munculnya rasa ingin tahu
terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari
Ø Sikap
peduli dan perhatian pada guru, serta proses pembelajaran dan materi
pelajaran yang akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh |
|
Kegiatan inti |
|
|
105
Menit |
Ø Mengamati
Ø Menanya
Ø Mengeksplorasi/Mengumpulkan
informasi/ eksperimen
Ø Mengasosiasi/ mengolah informasi
Ø Mengomunika-sikan
|
Ø Guru
mengajukan/menunjukkan masalah kepada siswa yang terkait dengan pengukuran
tentang besaran, satuan dan dimensi
Ø Guru membentuk kelompok siswa untuk mendiskusikan masalah di atas. Ø Guru
meminta siswa untuk menanyakan tentang besaran, satuan dan dimensi
Ø Guru membagikan lembar kerja kepada siswa untuk menyelesaikan masalah
besaran pokok, besran turunan beserta satuan dan dimensi
Ø Guru mengarahkan dan menuntun siswa dalam menganalisis
dan membuat kategori dari besaran pokok, besaran
turunan, sauna dan dimensi
Ø Guru meminta siswa untuk
menyampaikan tentangbesaran, satuan dan dimensi. |
Ø Memperhatikan gambar yang di berikan guru Ø Membaca mengenai pengertian besaran, satuan dan dimensi
Ø Membuat pertanyaan mengenai besaran, satuan dan
dimensi
Ø Menentukan besaran pokok, besaran
turunan, satuan dan dimensi
Ø Menganalisis tentang besaran, satuan dan dimensi Ø Menyelesaikan masalah tentang besaran, satuan
dan dimensi
Ø Menyampaikan tentang hukum-hukum Newton |
|
Penutup |
|
|
20 Menit |
Di
akhir pembelajaran diharapkan : |
Ø Guru
meminta siswa
menyimpulkan tentang besaran, satuan dan dimensi Ø Guru
memberikan tes kepada siswa Ø Guru
memberikan tugas rumah (PR) Ø Guru
menyampaikan arahan untuk pertemuan selanjutnya Ø Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
meningkatkan sikap yang baik di rumah dan berdoa mengucap syukur atas pembelajaran fisika
telah selesai |
Ø Mengembangkan
kemampuan pengetahuan dan keterampilan Ø Menumbuhkan
rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah diberikan, sehingga
kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik, dan berdoa setelah selesai pembelajaran |
|
Total Waktu |
135 Menit |
IV.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
No |
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian |
Instrumen Penilaian |
1. |
Aspek
sikap
|
a.
Observasi b.
Jurnal
|
F Rubrik Penilaian Sikap F Catatan Informasi Siswa
|
2. |
Aspek
pengetahuan |
a.
Tes Tertulis b.
Tes Lisan c.
Penugasan
|
F Soal Pilihan Ganda dan Uraian F Daftar Pertanyaan F Pekerjaan Rumah
|
3.
|
Aspek
keterampilan
|
a.
Praktek/Unjuk
Kerja b.
Proyek c.
Portofolio |
F Rubrik Penilaian Ketrampilan F Daftar Cek /Skala Penilaian
|
Catatan : Instrumen dan Pedoman Penskoran terlampir
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
IMRAN,
S.Pd ST. NURJAITUN RAMADOAN, S.Pd
NIP. 19680202 199512 1 005 NIP. 19892304 202321 2 033
Komentar
Posting Komentar