CP , TP DAN ATP 1 TAHUN FISIKA KELAS X
ALUR
TUJUAN PEMBELAJARAN
Fase
: E
Mata
Pelajaran : FISIKA
Jumlah
Jam Dalam Satu Tahun (27 Minggu) : 81 JAM
Penyusun : ST. NURJAITUN RAMADOAN
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase E, peserta didik memiliki
kemampuan untuk responsif terhadap isu-isu
global dan berperan aktif dalam memberikan
penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain mengamati, mempertanyakan
dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses dan
menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan refleksi, mengkomunikasikan
hasil dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi
teknologi yang tersedia terkait dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran
lingkungan, teknologi, nano bioteknologi, kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan
limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut diarahkan
pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).
Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak mulia
dan sikap ilmiah seperti jujur, obyektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri,
inovatif, bergotong royong berkebhinekaan global.
ELEMAN |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
ALUR TUJUAN
PEMBELAJARAN |
AW/KLS /SMT |
Pemahaman sains |
Peserta didik mampu m Mendeskripsikan gejala alam
dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan
pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan
pemanfaatannya. |
1. Memahami konsep pengukuran
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 2. Mendeskripsikan gejala
pemanasan global dan menunjukkan kepedulian terhadap isu global. 3. Mengidentifikasi perubahan
iklim dan dampaknya bagi kehidupan. 4. Mendeskripsikan gejala
pencemaran lingkungan. 5. Menganalisis penggunaan
berbagai sumber energi alternative 6. Menganalisis berbagai
jenis limbah dan bahan-bahan alam yang bermanfaat beserta cara
pengelolaannya*. |
1. Memahami konsep pengukuran
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 2. Mendeskripsikan gejala
pemanasan global dan menunjukkan kepedulian terhadap isu global 3. Menganalisis berbagai
jenis limbah dan bahan-bahan alam yang bermanfaat beserta cara
pengelolaannya*. 4. Mengidentifikasi perubahan
iklim dan dampaknya bagi kehidupan. 5. Menganalisis penggunaan
berbagai sumber energi alternative 6. Mendeskripsikan gejala
pencemaran lingkungan. |
12 JP 21 JP 24 JP |
Keterampilan proses |
1.
Mengamati, 2.
Mempertanyakan dan memprediksi 3.
Merencanakan dan melakukan penyelidikan 4.
Memproses, menganalisis
data dan informasi 5.
Mencipta 6.
Mengevaluasi dan refleksi 7.
Mengomunikasikan Hasil |
|||
Total |
57 JP |
Komentar
Posting Komentar